Halo, sobat UMKM! Perkembangan teknologi dan informasi di sekitar kita sudah semakin meluas. Dampaknya pun banyak di rasakan oleh berbagai kalangan masyarakat. Salah satu dampak dari perkembangan tekhnologi adalah reformasi bisnis yang semula konvensional ke arah digital.
Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan tulang punggung ekonomi bangsa Indonesia. Namun, supaya bisa bersaing baik di pasar nasional maupun internasional di era digital saat ini, UMKM tak hanya butuh modal tapi juga branding yang tepat.
Branding merupakan usaha membangun identitas dari produk usaha. Identitas di sini bisa berupa nama, logo atau ciri khas lainnya yang bisa membedakan produk usaha dengan kompetitor. Ciri khas ini tentu sangat penting untuk menjadi daya tarik bisnis UMKM.
Baca juga : Tips UMKM-mu Go Digital
Membranding sebuah usaha tentunya tidak cukup hanya dari mulut ke mulut saja. Ada beberapa hal yang perlu di perhatikan, mengingat di era serba digital ini sudah banyak yang bisa kita lakukan dan kita akses secara mudah dan cepat. Berikut adalah beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam persaingan bisnis digital, diantaranya :
- Tunjukkan Sesuatu yang Menarik
Sebuah identitas UMKM yang diceritakan dengan baik menyentuh sisi emosional pikiran konsumen akan membuat pesan itu jauh lebih persuasif. Oleh karenanya, gunakan kata-kata, tagline, hingga pilihan warna yang berkarakter agar setiap produk yang kita tampilkan membuat orang terpengaruh untuk membeli. - Perhatikan Detail Produk
Produk yang kita ciptakan perlu diperhatikan dari berbagai sisinya terutama dalam segi kebutuhan konsumen. Konsumen tidak akan respect dengan bisnis kita jika itu tidak selaras dengan detail kehidupan mereka. Oleh karena itu buat detail produk yang familiar dan bisa meningkatkan value dari produk yang kita jual. Mulai dari pilihan warna, logo, jenis font, cara berkomunikasi, bahkan sampai bentuk packaging. - Identitas yang Orisinil
Hal yang membuat bisnis UMKM berbeda adalah Unique Selling Point (USP), hal ini tentu membutuhkan branding yang tepat agar identitas UMKM jadi daya tarik konsumen. Branding yang unik dan berbeda akan lebih mudah diingat oleh para konsumen. - Penggunaan Media Sosial Harus Maksimal
Sosial media adalah media branding produk paling efektif saat ini. Kita harus memaksimalkan platform-platform seperti instagram, facebook, atau tiktok dalam membangun brand usaha kita. Jangan lupa untuk menyesuaikan gaya komunikasi dengan audiens yang kita sasar di masing-masing platform.
Jangan lupa untuk selalu mengomunikasikan manfaat dan tingkat kualitas produk kita bagi orang lain. Dengan begini, brand akan mendapatkan nilai tambah di mata calon pembeli kita.
Nah sobat, untuk bersaing di era serba digital ini, harus ada kesadaran bahwa kita harus sangat terbuka terhadap perkembangan tekhnologi yang terjadi di sekitar kita. Salah satu hal yang dapat kita lakukan untuk bisa bersaing secara digital adalah dengan menggunakan aplikasi-aplikasi pendukung bisnis seperti MPStore.
MPStore adalah SuperApps yang di rancang untuk membantu para pemilik UMKM dalam membangun bisnisnya. Banyak fitur-fitur menarik dan bermanfaat yang dapat digunakan oleh para pelaku UMKM untuk kemajuan bisnisnya. Nah buat sobat yang masih bingung cara ngembangin usaha, yuk pakai MPStore sekarang juga. Imbangi kemajuan tekhnologi, tumbuh lebih hebat bersama kami.