December 6, 2024

Halo, sobat UMKM! Untuk kalian para pejuang UMKM pasti pernah ngalamin masalah terkait laku atau tidaknya produk yang di tawarkan. Meskipun terkesan unik dan produknya bervariasi, terkadang para pelaku UMKM masih harus berhadapan dengan produknya yang tidak laku. Lalu, apasih penyebabnya?

Nah sobat, jika hal itu sudah pernah sobat alami, kemungkinan besarnya adalah sobat belum melakukan riset konsumen dengan tepat sebelum memulai bisnis atau menawarkan produk baru.

Terkadang, langsung “action” saat mau memulai bisnis, tidak selalu bijak. Apalagi saat kita masih belum benar-benar mengerti situasi pasar yang akan kita jangkau. Akibatnya, tak sedikit bisnis yang gagal karena produk yang ditawarkannya tidak sesuai dengan kebutuhan konsumen saat ini. Karenanya, melakukan riset konsumen diperlukan agar kita bisa lebih memahami kondisi pasar terkini. Nah sobat UMKM yang ingin mengetahui tren belanja dan selera konsumen, ada beberapa metode yang bisa digunakan, antara lain:

1. Riset pasar seperti melakukan survei, wawancara, atau analisis data untuk memahami perilaku konsumen.

2. Media sosial yaitu memantau tren di media sosial, seperti hashtag populer, influencer, dan diskusi komunitas.

3. Pameran dan konferensi yaitu menghadiri acara industri untuk mengetahui tren terbaru dan berjejaring dengan pelaku bisnis lainnya.

4. Laporan industri yaitu membaca laporan industri dan berita terkait pasar yang relevan.

5. Mengetahui pentingnya mengetahui tren belanja konsumen adalah investasi yang sangat penting bagi keberhasilan bisnis kita. Dengan memahami tren dan selera konsumen, kita dapat membuat keputusan bisnis yang lebih baik lagi bahkan membuka peluang bisnis baru. Selain itu, apasih manfaatnya saat kita mengetahui tren belanja dan selera konsumen? yuk simak jawabannya!

1. Mengembangkan Produk Sesuai Dengan Kebutuhan KonsumenPentingnya Mengetahui Tren Belanja Konsumen bagi pelaku UMKM yang pertama adalah mengembangkan produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pasar saat ini sehingga membantu menghindari produksi barang yang tidak diminati konsumen dan meningkatkan peluang penjualan.

2. Dapat Menentukan Strategi Pemasaran yang EfektifPentingnya Mengetahui Tren Belanja Konsumen juga dibutuhkan dalam menentukan strategi pemasaran yang efektif. Dengan mengetahui apa yang tengah menjadi tren di tengah masyarakat, kita bisa menyesuaikan pesan dan saluran pemasaran untuk menjangkau target konsumen dengan lebih baik.

3. Meningkatkan Daya SaingPentingnya mengetahui tren belanja konsumen juga membantu kita meningkatkan daya saing produk dan layanan. Dari informasi itu, kita bisa terus berinovasi dan mengembangkan produk dan layanan yang sesuai kebutuhan konsumen.

Baca juga : Jangan Sampai UMKM-mu Kaya Gini Ya

Nah buat kalian sobat UMKM yang sedang menjadi pelaku UMKM, yuk perhatikan hal-hal kecil yang jarang di sadari saat memulai sebuah bisnis. Jika kalian membutuhkan pendukung untuk bisnis kalian, MPStore hadir untuk membantu perkembangan UMKM di seluruh Indonesia. Banyak fitur menarik dan pastinya memudahkan para pelaku UMKM disini. Yuk coba dengan download MPStore sekarang juga!

Download disini