Halo, sobat UMKM!
Di jaman sekarang ini, siapa sih yang enggak tau e-commerce? mungkin ada, namun seiring dengan perkembangan jaman, e commerce tentunya akan semakin dikenal oleh banyak orang secara menyeluruh.
Adanya perkembangan teknologi yang semakin pesat dan canggih tentunya sangat berpengaruh terhadap segala bidang, termasuk dalam bidang bisnis. Salah satunya adalah platform e-commerce yang dapat mendorong kemajuan bisnis digital Indonesia saat ini. Kita pasti sudah tidak asing dengan penjualan online bahkan mungkin sering melakukan pembelian atau penjualan secara online. Perdagangan online atau e-commerce adalah kegiatan jual beli yang dilakukan secara online melalui internet. Penjualan online menawarkan hal baru seperti saat melakukan transaksi jual beli tidak harus bertemu satu sama lain. Contoh platform e-commerce yang ada di Indonesia adalah Shopee, Lazada, Tokopedia dan lain-lain. Dalam beberapa tahun terakhir, perdagangan online telah berkembang pesat dan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perekonomian Indonesia. Lalu apa saja kah dampak dari perdagangan online terhadap perekonomian di Indonesia?
Berikut adalah beberapa dampak positif perdagangan online terhadap perekonomian Indonesia:
a. Meningkatkan pertumbuhan ekonomi
Dalam laman resmi Kominfo disebutkan bahwa dalam studi berjudul eConomy SEA 2022, nilai ekonomi digital Indonesia diprediksi akan mencapai USD 77 miliar pada 2022. Angka tersebut merefleksikan pertumbuhan 22 persen secara tahunan. Dari keseluruhan tersebut, sumbangan e-commerce Indonesia memberikan kontribusi senilai USD59 miliar dan membesar menjadi USD 95 miliar pada 2025.
b. Meningkatkan penerimaan negara
Saat ini e-commerce semakin berkembang pesat. Hal tersebut juga menguntungkan bagi pemerintah, karena dapat meningkatkan penerimaan negara dari sektor pajak pertambahan nilai (PPN).
c. Meningkatkan konsumsi domestik
E-commerce juga dapat meningkatkan konsumsi domestik karena memberikan opsi efisiensi dan variasi yang lebih luas atas produk yang ditawarkan. Serta kemudahan akses untuk melakukan transaksi jula beli secara online, membantu meningkatkan daya beli masyarakat dan mendorong pertumbuhan ekonomi.
d. Meningkatkan lapangan kerja
Dalam sektor e-commerce, terdapat banyak peluang kerja baru yang dapat membantu mengurangi tingkat kemiskinan di Indonesia. Peluang kerja tersebut antara lain sebagai pengembang aplikasi, analis data, spesialis pemasaran digital, dan lain sebagainya.
e. Meningkatkan akses pasar bagi pelaku usaha kecil dan menengah
E-commerce memberikan akses pasar yang lebih luas bagi pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM) untuk memasarkan produk mereka. Hal ini dapat membantu meningkatkan daya saing UMKM dan membantu mereka untuk bertahan di tengah persaingan yang semakin ketat. E-commerce juga dapat membantu meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam proses jual beli. Dalam e-commerce, proses jual beli dapat dilakukan secara otomatis dan lebih cepat, sehingga dapat menghemat waktu dan biaya.
Namun, e-commerce juga memiliki dampak negatif tentunya, antara lain terhadap seperti:
a. Meningkatkan perilaku konsumtif yang berlebihan
Belanja online dapat memicu perilaku konsumtif, terutama pada kalangan muda. Hal ini dapat menyebabkan pengeluaran yang tidak terkontrol dan berdampak negatif pada kondisi keuangan individu. Bahkan terkadang dalam sehari seorang individu dapat melakukan pembelian barang tanpa memikirkan barang tersebut berguna untuk diri mereka sendiri.
b. Menimbulkan persaingan yang tidak sehat
Persaingan di sektor e-commerce dapat menjadi tidak sehat karena adanya praktik-praktik bisnis yang tidak adil, seperti penipuan, harga yang tidak wajar, dan lain sebagainya. Hal tersebut disebabkan oleh peraturan terkait perdagangan online yang masih belum cukup jelas dan terkadang sulit untuk dijelaskan. Sehingga dapat merugikan konsumen dan pelaku usaha.
Dalam rangka meminimalkan dampak negatif perdagangan online terhadap perekonomian Indonesia, diperlukan upaya-upaya untuk meningkatkan literasi digital dan literasi ekonomi masyarakat. Selain itu, pemerintah juga perlu meningkatkan pengawasan terhadap praktik-praktik bisnis yang tidak adil dan memperkuat regulasi terkait perdagangan online.
Namun, kelebihan dan kekurangan perdagangan online juga perlu dipertimbangkan. Kelebihannya antara lain mudah, harga murah, dan hemat waktu, sedangkan kekurangannya antara lain barang tidak sesuai dengan gambar iklan, waktu pengiriman terlambat, dan ongkir yang mahal.
Kesimpulannya, perdagangan online telah membawa dampak positif dan negatif pada kehidupan sehari-hari. Namun, dengan menjadi pembeli yang cerdas dan teliti sebelum membeli, kita dapat menghindari hal-hal yang tidak diinginkan selama berbelanja online.
Baca juga : Tips bikin UMKM-mu jadi Go Digital
Nah buat sobat UMKM, penting untuk menerima sebuah perubahan yang terjadi di sekitar kita. Perubahan akan membawa dampak yang baik selagi di gunakan untuk hal yang baik pula. Buat kalian yang masih ragu buat terjun ke dunia e-commerce karena rawan penipuan dan sebagainya, yuk download MPStore aja! Aplikasi yang di rancang khusus untuk UMKM ini memberikan banyak keuntungan bagi penggunanya. Selain fiturnya lengkap, daftarnya juga gratis loh. Yuk download sekarang!