Halo, sobat UMKM! Sudah pernah mendengar kata digitalisasi UMKM belum? atau apasih digitalisasi UMKM itu? apasih pentingnya digitalisasi UMKM buat kemajuan bisnis kalian? kalau kalian belum paham, simak ini dulu yuk sobat!
Kata digitalisasi dapat di maknai sebagai perubahan dari sistem konvensional atau analog ke sistem digital. Maka, digitalisasi UMKM adalah proses membuat UMKM masuk ke dalam lingkup digital guna meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses bisnis juga operasional UMKM.
Peralihan UMKM ke sistem digital ini bukan sekadar akan mengubah proses pemasaran dan memperluas jangkauan bisnis dengan bantuan teknologi. Lebih dari itu, proses ini juga dapat membantu pelaku usaha untuk menyederhanakan proses produksi hingga mengatur keuangan dan transaksi dengan lebih mudah, transparan, dan cepat.
Mengapa digitalisasi UMKM ini di katakan lebih mudah? pasalnya, pelaku usaha dapat memesan, mengatur, dan mengontrol kebutuhan bahan baku produksi juga pendistribusian produk secara terpusat menggunakan bantuan teknologi digital. Pelaku usaha juga dapat melakukan pembukuan finansial perusahaan dengan transparan dan minim kesalahan karena bantuan teknologi tersebut.
Dari sisi konsumen, proses ini pun akan mendatangkan untung bagi mereka. Sebab, mereka dapat lebih mudah menjangkau dan memperoleh produk-produk UMKM dengan harga yang lebih terjangkau karena rantai pemasaran yang lebih singkat. Dengan demikian, semua manfaat di atas dapat memotong biaya juga durasi produksi yang diperlukan oleh pelaku bisnis UMKM, serta memberi mereka keuntungan yang lebih tinggi dan banyak.
Nah, setelah tau apa itu digitalisasi UMKM, sobat UMKM juga perlu tau nih, gimana sih cara melakukan digitalisasi UMKM? Susah ngga ya? gampang kok sobat. Yuk simak cara-caranya biar kalian lebih paham apa itu digitalisasi UMKM
- Melakukan riset pasar
Langkah pertama yang dapat di lakukan untuk melakukan digitalisasi UMKM adalah riset pasar produk yang dijual. Riset pasar ini adalah bagaimana kalian mencari tahu siapa saja kompetitor bisnis usaha, strategi atau pola apa yang mereka gunakan untuk memperdagangkan produk mereka secara digital, hingga bagaimana pasar melihat atau menilai para kompetitor. - Menentukan platform yang akan digunakan
Ketika sobat UMKM sudah mengantongi semua informasi dari hasil riset pasar, sobat UMKM dapat menentukan platform atau media digital apa yang akan digunakan untuk memperkenalkan dan memasarkan produk-produk yang dimiliki kepada pasar. Platform yang dimaksud dapat berupa e-commerce atau media sosial. - Melakukan promosi usaha
Setelah menentukan platform apa yang cocok untuk digunakan, sobat UMKM juga perlu melakukan promosi atau pengenalan merek (brand) serta produk-produk yang kalian ciptakan secara digital melalui bantuan media sosial agar jangkauan pasarnya lebih luas. Tentunya, tahap promosi ini perlu dilakukan dengan strategi pemasaran yang tepat agar tidak salah sasaran. Jadi, sobat UMKM harus tau nih strategi pemasaran yang akan digunakan untuk mempromosikan merek serta produk-produk dari UMKM kalian. - Memanfaatkan tools digital tambahan
Digitalisasi UMKM juga bisa membantu kelangsungan bisnis UMKM menjadi lebih mudah karena bantuan teknologi digital. Untuk itu, sobat UMKM juga dapat memanfaatkan tools atau perangkat digital tambahan dalam proses digitalisasi usahanya. Contohnya adalah aplikasi untuk stok produk atau aplikasi keuangan digital yang tentunya sangat berguna untuk kelancaran dan kemajuan dari usaha yang sobat UMKM jalankan.
Nah, untuk mendukung digitalisasi UMKM di seluruh Indonesia, MPStore hadir sebagai SuperApps yang bisa membantu proses digitalisasi UMKM dengan berbagai macam fiturnya loh! Mulai dari kulakan online hingga transkasi pembayaran digital, semua bisa di lakukan dengan mudah dan cepat. Sobat UMKM bingung mulai bisnis digital darimana? tenang aja! Yuk pake MPStore dan digitalisasi UMKM-mu sekarang.